Untuk memperlancar aliran air kepada pelanggan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gunungkidul memperbaiki pipa-pipa yang mengalami kerusakan. Saat ini terdapat tiga titik yang sedang diperbaiki. Menjelang lebaran nanti dipastikan semua pipa sudah beres sehingga kebutuhan pelanggan akan air dari PDAM bisa dipenuhi. Pengalaman dari tahun lalu, setiap lebaran terjadi peningkatan pemakaian air.
Hal tersebut dikatakan Direktur Teknik PDAM Gunungkidul Supriyono Yahya SST di ruang kerjanya, Kamis (11/9). “Jumlah pelanggan di Kabupaten Gunungkidul ini mencapai sekitar 23 ribu. Untuk khusus kota, aliran air yang diberikan ini selama 24 jam. Sedangkan di beberapa wilayah seperti di Panggang bisa dua minggu sekali. Hal ini mengingat sumber air yang digunakan masih terbatas. Dengan dibangunnya sumber air yang berada di dekat pantai, saat ini sudah mulai digunakan di wliayah Kemadang. Nantinya juga akan dialirkan ke wilayah Kecamatan Panggang,” ujarnya
Ditambahkan, sumber air di wilayah Gunungkidul ini cukup banyak, sehingga ke depan nantinya akan dimanfaatkan memenuhi kebutuhan secara menyeluruh. Ketika hari libur pun petugas selalu ada yang piket. Apabila ada komplain dari pelanggan maka akan segera dilakukan penanganan. Memang untuk sumber di Ngembel dari tiga mesin pompa yang ada. Hanya beroperasi satu unit sebab yang lain mengalami kerusakan. Dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan. Sehingga saat lebaran nantinya suplai air ke pelanggan tidak terjadi masalah.
“Kendala dari PDAM terjadi saat musim penghujan tiba. Sebab air yang mengalir ke pelanggan menjadi keruh. Dalam upaya menangani hal itu, juga telah di bangun satu unit tempat penyaringan air yang baru bisa mengatasi masalah di Kecamatan Semanu,” tuturnya,” ujarny