Forum Komunitas Online Gunungkidul |
|
| vespa mania di sini ngumpulnya | |
|
+4ndoro_mbc SAPTO SARDIYANTO Bangkit Wicaksana akhmad subekti 8 posters | Pengirim | Message |
---|
akhmad subekti Koordinator
Lokasi : wonosari Reputation : 3 Join date : 30.03.08
| Subyek: vespa mania di sini ngumpulnya Mon Mar 31, 2008 9:17 pm | |
| [b]Buat yang seneng ama motor semox alias vespa di sini sapa tau ada onderdil murah dan orosinil juga ngadain acara vespa[img][/img][img][/img] | |
| | | akhmad subekti Koordinator
Lokasi : wonosari Reputation : 3 Join date : 30.03.08
| Subyek: PERSENELING VESPA BERAT ? Tue Apr 01, 2008 5:16 pm | |
| Tangan pegal sebelah saat menunggang motor kerap dilontarkan pengendara Vespa. Pasalnya, pemindah persneling di setang kiri terasa berat buat diputar. Terlebih ketika menghadapi kemacetan, tangan kiri bisa lebih gede, tuh! “Padahal bisa dibikin enteng dengan memotong per persnelingnya,” buka Sutrisno, penggawang Jawa Motor di Rawa Belong, Jakbar. Komponen ini bertugas sebagai penahan piringan pemindah gigi. Caranya gampang dan bisa dilakukan sendiri. Yuk, ikuti langkahnya.
Awali membuka tutup bak persneling yang terletak persis di bawah kipas. Supaya lebih leluasa, copot juga tutup kipasnya. Kemudian tarik per keluar pakai tang jepit, atau cungkil pakai obeng minus. Hati-hati saat mencungkil untuk menghindari pegas lompat.
Lanjutkan memotong per menggunakan tang potong. Lalu tarik lagi supaya panjangnya sama dengan semula. Karena ulirnya berkurang, per lebih lembut. Gerakan persneling pun jadi lebih enteng.
Jangan terlalu banyak memotongnya. “Cukup dua ulir,” kata pria asal solo ini. Memotong lebih dari itu bakal terlalu empuk. Hal ini berbahaya karena persneling jadi terlalu sensitif dan gigi bisa pindah sendiri. angan pegal sebelah saat menunggang motor kerap dilontarkan pengendara Vespa. Pasalnya, pemindah persneling di setang kiri terasa berat buat diputar. Terlebih ketika menghadapi kemacetan, tangan kiri bisa lebih gede, tuh! “Padahal bisa dibikin enteng dengan memotong per persnelingnya,” buka Sutrisno, penggawang Jawa Motor di Rawa Belong, Jakbar. Komponen ini bertugas sebagai penahan piringan pemindah gigi. Caranya gampang dan bisa dilakukan sendiri. Yuk, ikuti langkahnya.
Awali membuka tutup bak persneling yang terletak persis di bawah kipas. Supaya lebih leluasa, copot juga tutup kipasnya. Kemudian tarik per keluar pakai tang jepit, atau cungkil pakai obeng minus. Hati-hati saat mencungkil untuk menghindari pegas lompat.
Lanjutkan memotong per menggunakan tang potong. Lalu tarik lagi supaya panjangnya sama dengan semula. Karena ulirnya berkurang, per lebih lembut. Gerakan persneling pun jadi lebih enteng.
Jangan terlalu banyak memotongnya. “Cukup dua ulir,” kata pria asal solo ini. Memotong lebih dari itu bakal terlalu empuk. Hal ini berbahaya karena persneling jadi terlalu sensitif dan gigi bisa pindah sendiri | |
| | | akhmad subekti Koordinator
Lokasi : wonosari Reputation : 3 Join date : 30.03.08
| Subyek: BUSI MATI Tue Apr 01, 2008 5:19 pm | |
| Saat berkendara mesin mati mendadak. Penyebabnya banyak, dari kepala busi, koil sampai CDI uzur. mending cek satu-satu. Umumnya api busi lemah. "tetapi bila koil atau CDI mati, wassalam. harus ganti baru" tegas Slamet, mekanik Slamet jaya motor.
Jangan kuatir jika hanya busi yang bermasalah. Slamet punya trik buat membangkitkan pemantik api tadi. yakni, pecahkan keramik pembungkus elektrode. Caranya, bisa di cungkil pakai obeng atau dijepit tang. lalu bagian keramik yang dipecahkan tadi dipanaskan. Boleh menggunakan korek api dan pasang lagi ke kepala silinder. Coba, hidupkan lagi mesin motor. Saat berkendara mesin mati mendadak. Penyebabnya banyak, dari kepala busi, koil sampai CDI uzur. mending cek satu-satu. Umumnya api busi lemah. "tetapi bila koil atau CDI mati, wassalam. harus ganti baru" tegas Slamet, mekanik Slamet jaya motor.
Jangan kuatir jika hanya busi yang bermasalah. Slamet punya trik buat membangkitkan pemantik api tadi. yakni, pecahkan keramik pembungkus elektrode. Caranya, bisa di cungkil pakai obeng atau dijepit tang. lalu bagian keramik yang dipecahkan tadi dipanaskan. Boleh menggunakan korek api dan pasang lagi ke kepala silinder. Coba, hidupkan lagi mesin motor. | |
| | | akhmad subekti Koordinator
Lokasi : wonosari Reputation : 3 Join date : 30.03.08
| Subyek: TEHNIK DASAR MOTOR VESPA Tue Apr 01, 2008 5:20 pm | |
| TEHNIK DASAR MOTOR VESPA
PENDAHULUAN
Dengan hormat,
Secara fisik, Skuter adalah jenis kendaraan bermotor roda dua (2) dimana pengendara dimanjakan dengan kontruksi kendaraan yang unik dan nyaman juga keamanannya dalam mengendarai. Menurut Sejarah, Skuter dalam bahasa Italy adalah " Tawon" hal ini terobsesi dari bentuk atau skuter yang menyerupai Tawon. Skuter yang terlahir dari negara Italy ini di produksi oleh Piaggio ini bermerkkan VESPA
Keberadaan Vespa di Indonesia ternyata bisa menyatukan ratusan orang dan membuat mereka bersaudara atau lebih kerennya di sebut BROTHERHOOD. Berawal dari saling bertukar informasi diantara penggemar- penggemar vespa, hubungan ini kian erat dan akhirnya terjalin persaudaraan Yang melahirkan Club atau Komunitas yang tidak menonjolkan ego individu, tetapi hal ini lebih untuk membentuk persaudaraan dalam satu Komunitas guna mempererat tali persaudaraan antara sesama penggemar vespa.
Bertolak ukur dari hal di atas tiada maksud dari saya untuk menyombongkan diri, maksud dan tujuan saya tidak lain berbagi pengalaman dan bertukar pikiran kepada rekan-rekan sekalian. Adapun kelebihan dan kekurangan dari prologh ini Saya pribadi mohon dikoreksi, Karna pada dasarnya tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.
PRINSIP DASAR KINERJA MESIN VESPA
Prisip dasar kinerja dari pada mesin vespa ini berbasis dua tak atau dua langkah, langkah pertama adalah pembilasan serta percampurannya antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator, lalu langkah kedua proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakar yang berakibat adanya dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi. Di bawah ini saya akan menjelaskan perangkat mesin vespa super yang terdiri dari
I. KARBURATOR Karburator adalah satu komposisi alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang berkerja secara kinetik tanpa alat elektronik sipengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yan ada distang kemudi lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuaikan dengan sendirinya.
II. PENGAPIAN Yang disebut Proses pengapian adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh poros engkol atau krukas yang ada dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher. Api yang ada di busi daihasilkan dari SPUL PLATINA yang ada dalam medan magnet, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR berukuran 2 farad lalu di sinyalkan atau sistem pemulsaran oleh PLATINA setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah
III. RUANG BAKAR Ruang bakar adalah satu ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses MIXTURISASI atau penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara KRUKAS atau poros engkol stelah bahan bakartercampur di transperkan oleh seher yang nya tlah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada BLOK SILINDER, lalu bahan bakar mengalami penekannan ke ruang vakum yang ada pada HEAD SILINDER di sini lah terjadi ledakan hasil dari tekanan dan percikan api busi, sisa bahan bakar yang berjenis korbon dioksida dibuang ke udara lepas melalui lubang buang mengarah ke KNALPOT yang berfungsi menmanfaatkan gas buang sebagai kompresi balik untuk menyempurnakan proses selanjutnya, dan juga knalpot ini berfungsi sebagai peredam suara ledakan,
IV. ROTASI ATAU PUTARAN MESIN Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok di melalui KOPLING atau cluth yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesui dengan keinginan pengendara dalam gir bok terdiri dari GEAR PRIMER atau lebih di kenal dengan gigi borobudur rotasi dari gigi borobudur ini berhubungan langsung dengan GEAR SEKUNDER atau lebih dikenal sebagai gigi seri. Pengaturan transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 doleh CRASH GEAR atau gigi silang pengaturan ini langsung di hubung kan ke kendali atau stang motor, keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga tidak menggunakan sistem rantai. Dalam perawatan lebih murah dan mudah yang terpenting adalah ketelitian dan ka apikan kit menggunakan mesin ini.
MASALAH YANG SERING TERJADI SERTA PENYELESAIAN NYA
i. Karburator sering kotor atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah sulit untuk hidup terkadang pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelang yang mengakiobatkan hilang nya percikan api di busi Penyelesaiannya:
1. Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat 2. Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar 3. Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, ketelitian di tuntut dalam hal ini 4. Periksa ukuran lobang spuyer sudah pas belum jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan juga busi sering mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik 5. Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi,
ii. PENGAPIAN Permasalahan dalam pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup, susah starter motor biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati. penyelasaiannya: Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet, beila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian yang pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di gani degngan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus. Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
iii. Motor macet tidak bisa starter Ini adalah suatu trable mesin yang lebih fatal biasanya hal ini terjadi di kerenakan lakher atau BEARING ada yang rusak, stang sekher atau CONECTING ROOD rusak, ring sekher patah, sekher atau PISTON tidak layak pakai, perangkat di gear bok ada yang patah, PER GIGI PRIMER rontok, PLAT KOPLING yang sudah tidak layak pakai. GIGI STATER ompong atau rontok. Proses penyelesainnya harus turun mesin dan kita harus bongkar semua perangkat mesin agar lebih mudah pengecekan nya. Apabila dalam pengecekan perangkat ternyata ada yang rusak lebih baiknya kita ganti dengan yang baru, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan yang bisa saja nanti terjadi di dalam kita mengoprasikan kendaraan kita di jalan.
iv. Motor tidak nyaman di kendarai atau goyang Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan. Adapun panenggulangnganya sbb: cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang Cek kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung pada sistem kendali kendaraan anda, Cek lassan bodi pada titik tumpu seperti, DEK MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL. Bila terjadi keropokan pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi notaor tiba tiba patah. Cek kondisi STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin dan shokbreker juga MOUNTING sok blakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat di ganti. Cek SOKBREAKER, apa bila sok breker sudah lemah baik pernya atau sok wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.
PENUTUP
Demikian lah prologh ini saya sampaikan kepada anda selaku saudara saya di vespa, ketelitian anda adalah kunci kanyamanaan dan keselamatan dalam mengendarai vespa di jalan, JANGAN PERNAH ANDA MEMPERTARUHKAN NYAWA ANDA DENGAN KENDARAAN YANG TIDAK LAYAK PAKAI. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trima kasih. Bravo vespa mania indonesia jaya selalu. | |
| | | Bangkit Wicaksana eRTe
Reputation : 0 Join date : 27.03.08
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Wed Aug 20, 2008 2:53 pm | |
| copy paste dari mana mas? mbok disertakan sumbernya,...
aku biyen tau turing bareng HSC | |
| | | SAPTO SARDIYANTO Camat
Lokasi : JAKARTA Reputation : 1 Join date : 24.05.08
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Wed Aug 20, 2008 4:44 pm | |
| hidup vespa biyen bulikku duwe ning wis di dol e la mogak mogok wae kesel le nyurung. ning wonosari ono club vespa po mas?
wasalam, | |
| | | akhmad subekti Koordinator
Lokasi : wonosari Reputation : 3 Join date : 30.03.08
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Wed Aug 27, 2008 9:23 am | |
| wonosari tiap malam minggu ngumpul di alun alun sekretariatnya di kidul terminal nama clubnya SEMOX | |
| | | ndoro_mbc Warga
Lokasi : Cikarang, Jakarta Reputation : 0 Join date : 17.08.08
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Sun Sep 07, 2008 5:54 pm | |
| Lam kenal saya juga pemilik kuda besi vespa hehe banyak keluh kesah tentangnya mau tanya bengkel vespa yang OK di wonosari makasih | |
| | | TOMMI eRTe
Lokasi : duri riau Reputation : 0 Join date : 30.05.08
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Sat Oct 25, 2008 3:25 am | |
| semox nama club baru ya bro...?
mohon maaf ,dahulu kala kita juga pernah denger club semox tapi Tulisannya bukan pakai X , tapi pakai CG alias SEMOCG = Sekuter Motor Club Gunungkidul. Saya kenal dengan beberapa anggota SEMOCG dan saya juga pernah ikut touring beberapa kali dengan club ini. dan yang sangat disesalkan saat ini yang saya dengar, Club ini baru dalam masa Vacum alias tidak aktif lagi.
yang Ingin saya tanyakan: 1. benarkah SEMOX ini adalah SEMOCG yang pernah saya kenal dulu....???? 2. apa kepanjangan nama dari Club SEMOX...............????? 2. Ada berapa klub Vespa di GUNUNGKIDUL kita ini.....?????
oke thanks...
keep on brotherhood........ HOTCOM_001 | |
| | | arga bejo Lurah
Lokasi : semanu Reputation : 0 Join date : 14.10.08
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Mon Oct 27, 2008 10:49 am | |
| ada vespa yang mo dijual gak diwonosari??kalo ada yang ndog.... | |
| | | may Warga
Lokasi : Jakarta Utara Reputation : 0 Join date : 27.03.09
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Thu Jun 04, 2009 1:27 pm | |
| Buat anak2 SCOOTERS yg dr wonosari SALAM KENAL. ANAK2 SCOOTERS WONOSARI GABUNG DUNK DI FORUM IVI, ANAK DARI GUNUNG KIDUL KAYAKNYA BLUM AD, AKU TUNGGU YA, DI SITU KITA BSA SALING SHARING SEMUA TENTANG VESPA, bahkan jadwal event2 se INDONESIA yg update, AKU TUNGGU DI IVI USERNAMEku "INTER". Alamat IVI http://forum-ivi.activebb.net/
SALAM SCOOTERS, BRAVO VESPA | |
| | | sky_walker KorLap
Lokasi : depan komputer Reputation : 2 Join date : 14.07.09
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya Sat Aug 15, 2009 4:34 am | |
| | |
| | | Sponsored content
| Subyek: Re: vespa mania di sini ngumpulnya | |
| |
| | | | vespa mania di sini ngumpulnya | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| |
|