FKOGK
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.


Forum Komunitas Online Gunungkidul
 
IndeksJual BeliPortal FKOGKLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 Tragedi Adam Air di januari 2007

Go down 
3 posters
PengirimMessage
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
Wonosingo Ngali Kidul


Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

Tragedi Adam Air di januari 2007 Empty
PostSubyek: Tragedi Adam Air di januari 2007   Tragedi Adam Air di januari 2007 Icon_minitimeTue Aug 05, 2008 5:04 pm

Sungguh menyayat hati! Saya tak kuasa membayangkan suasana histris
dalam pesawat, kalo Pilot dan Copilot saja sehisteris itu, bagaimana
dengan penumpangnya?! … Innalillaahi Wainnailaihi Roji’uunnn .. Sad


Tragedi Adam Air di januari 2007 Adm-small

Sahabat semua pasti masih ingat khan kalau pada tahun 2007 yang lalu
terjadi kecelakaan pesawat yang menhebohkan penerbangan Indonesia. Ya,
pada 1 Januari 2007 - Adam Air Penerbangan 574 dari Jakarta - Manado
via Surabaya jatuh di sekitar Selat Makassar. Kalau tidak salah
tercatat ada 96 penumpang dan 6 awak pesawat tewas.
Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengetahui dimana pesawat itu
jatuh. Berbagai tim dikerahkan untuk melacak dimana jatuhnya pesawaat
naas ini. Penyebab jatuhnya pun baru diungkapkan oleh KNKT (Komisi
Nasional Keselamatan Transportasi) pada 25 Maret yang lalu.
Naaah….pertanyaan yang sering didengar publik adalah, bagaimana jatuhnya pesawat ini.
Orang kebanyakan dan media selalu mengaitkan peristiwa sebuah
jatuhnya pesawat dengan sebuah “kotak hitam” yang sering dikenal dengan
“Black Box” Gimana sih isinya ?

Sekedar untuk diketahui, Blackbox, peralatan kunci yang dijadikan rujukan analisis penyebab kecelakaan pesawat terdiri dari dua bagian :

  1. FDR (Flight Data Recorder), yang merekam kondisi penerbangan: ketinggian, kecepatan dan temperatur.
  2. CVR (Cocpit Voice Recorder), yang merekam pembicaraan pilot dan copilot.


Biasanya,
kita tidak pernah mendengar bagaimana isi Blackbox pesawat yang celaka.
Namun, entah bagaimana caranya, ternyata rekaman Blackbox pesawat Adam
Air 574 itu ternyata bisa didengarkan. Adalah seorang anggota
Kaskus.com dengan nickname exc@libur yang kemarin
memposting sebuah tautan ke RapidShare yang berisi rekaman pembicaraan di cockpit pesawat yang naas itu. (kutipan dari jalansutera)

Jika ingin mendengarkan rekaman itu, silakan download di pranala RapidShare ini.Nah,.. kalo rekan-rekan kepingin tahu seberapa histeris kondisi saat itu, silakan download file-nya disini. Link ini saya peroleh dari salah satu postingan di Kaskus dan di salah satu blog ini. Silakan buka link tersebut untuk membacanya langsung,

Oh ya … rekaman tersebut sudah di-MP3-kan. Ukuran file 2,3MB. Download dari Rapidshare,..

DOWNLOAD REKAMAN CVR BLACK BOX ADAM AIR

bagaimana rekaman itu sampai muncul di publik ?

Mengapa kali ini rekaman itu bisa “bocor”? Apakah
publik memang boleh mendengarkan isi rekaman Blackbox sebuah pesawat
yang mengalami kecelakaan? Kaskuser dengan nickname exc@libur lewat link ini,yg kemudian dibantu oleh seseorang (Black Angle) untuk transkripsinya. Black Angel
ini ternyata bekerja sebagai ATC (Air Traffic Control) untuk melakukan
transkripsi atas rekaman sepanjang 5 menit dan 38 detik itu. Black
Angel juga menambahkan penjelasan tentang berbagai jargon dalam dunia
penerbangan yang terasa asing bagi orang awam. Berbagai akronim dan
singkatan dipaparkan oleh Black Angel di sana.

Kemungkinan besar rekaman itu asli?

berikut kutipan dari sumber : Bagi
yang menginginkan kebenaran yg lebih dekat, tentunya rekaman ini harus
di croscek dengan FDR (Flight Data Recorder). Secara logik, harus
saling memberikan kebenaran yang sejalan. Misal: kalo menurut rekaman
suara itu pesawat ’sepertinya’ jatuh menghempas, maka harus ada rekaman
ketinggian pesawat yg menurun tajam. Sebaliknya, kalo meledak di udara,
pasti rekaman akhir data ketiggiannya pada posisi ketiggian. ( sumber :
tulisan )




Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
Wonosingo Ngali Kidul
Pengawas
Wonosingo Ngali Kidul


Lokasi : Gunungkidul
Reputation : 20
Join date : 06.05.08

Tragedi Adam Air di januari 2007 Empty
PostSubyek: Re: Tragedi Adam Air di januari 2007   Tragedi Adam Air di januari 2007 Icon_minitimeTue Aug 05, 2008 5:10 pm

Sungguh mengerikan, kita kudengar, kubaca dan
kubayangkan peristiwa ini. Berikut transkrip yang saya kutip dari
sumber pembuat pertama transkrip tersebut Black Angel – kaskuser. Pesan yang saya sampaikan adalah, “…Tragedi Adam Air di januari 2007 Smile14 Marilah sedari dini kita mulai mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa, semoga kita sekeluarga selalu dilindungi oleh-Nya kemanapun kita melangkah….Amin.”
(WARNING sound) : PULL…


Voice on DHI 574 cockpit : ini —-

ATC : trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?

in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .

TGN 161 : say again sir?

ATC : trigana
161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots,
runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding
waiting for weather improvement?


TGN 161 : affirmative, we are make holding

ATC : roger,
trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one
five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…


in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)

Voice on DHI 574 cockpit : aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)

TGN 161 : —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit : loh, ini DMEnya nih yah…
iya makanya juga ngaconya disitu
nah, ini mike kilo sierra
yah…


ATC : adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?

DHI 574 : affirm
mach 74 maintaining 070…


Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074
anginnya dah mulai normal lagi
iyah….


ATC : Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)
selamat tahun baru mas….


DHI 574 : Gatu
ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….


Voice on DHI 574 cockpit : —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini
iyah…
ngaco dia tuh brarti
dah ngaco dah emang …dah ngaco
udah mulai gambar bambu ini
udah, kita percaya ama ini aja deh…
hehehe… iyalah….


- cewe-cewe

makanya, terlalu jauh banget
—-
___noise___


salah lagi ini dia….
—-


iya nih
coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu


(on the background, FO calling ATC)

ATC : go ahead

- : —- —-

DHI 574 : roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra

Voice on DHI 574 cockpit : ok….. that’s confirm… that’s confirm
affirm
iya khan.. ngaco
ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…
FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…
oi terbangnya melanglang buana eh….


TGN 161 : trigana 161, maintain visibility now

ATC : standby one

Voice on DHI 574 cockpit : ini aja kep yah
coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude
yes
yah ini aja


TGN 161 : Trigana 161 request visibility now?

ATC : standby one

TGN 161 : standby

Voice on DHI 574 cockpit : masuk ke….
fail aja
fail?
yah, vault aja nih


-
ntar attitude (or) altitude aja nih
ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)
attitude (or) altitude? nggak..
yang laen…


ATC : trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots

Voice on DHI 574 cockpit : (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)

TGN 161 : copied, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit : —- SELCAL dan altitude
masukin ini
heading brapa nih kep? (FO asking)
zero… zero seven nine yah (captain)
iya
masukin ini keatas


TGN 161 : trigana 161, request ILS.. visual at runway 13

ATC : trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13

Voice on DHI 574 cockpit : ini kep?
taro NAV lagi….


TGN 161 : trigana 161, ….descent to two thousand confirm?

(in the background, warning sound ….—-….)

ATC : affirm

Voice on DHI 574 cockpit : taro NAV lagi, taro NAV lagi….

TGN 161 : descent to two thousand, trigana 161

Voice on DHI 574 cockpit : yes?
taro NAV lagi (in the background,
WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)
taro NAV lagi
NAV!…… ok kep?
JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–
captain, captain, captain…
(
WARNING sign…. ticking….)

aduh kep, kep, kep….
ya, ya…
Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..


DHI 574 : Mayday…..

Voice on DHI 574 cockpit : argh…
Allahuakbar….


DHI 574 : MAYDAY… MAYDAY…!!

Voice on DHI 574 cockpit : Allahuakbar….
allahuakbar….

(
…sounds like windshield kracking…)
argh…
allahuakbar….



sumber: klik sini
Kembali Ke Atas Go down
https://www.facebook.com/mahesatunggalika
SAPTO SARDIYANTO
Camat
SAPTO SARDIYANTO


Lokasi : JAKARTA
Reputation : 1
Join date : 24.05.08

Tragedi Adam Air di januari 2007 Empty
PostSubyek: Re: Tragedi Adam Air di januari 2007   Tragedi Adam Air di januari 2007 Icon_minitimeTue Aug 05, 2008 5:14 pm

ini merupakan catatan buruk dunia penerbangan kita
dg slogan biaya murah tapi keselamatan yang kurang terjamin
percuma saja.
katanya hasil dari penelitian kotak hitam tidak boleh dipublikasikan
ke Umum?

wasalam,
Kembali Ke Atas Go down
dedik cahyono
Camat
dedik cahyono


Lokasi : Jakarta
Reputation : 0
Join date : 11.07.08

Tragedi Adam Air di januari 2007 Empty
PostSubyek: Re: Tragedi Adam Air di januari 2007   Tragedi Adam Air di januari 2007 Icon_minitimeTue Aug 05, 2008 10:50 pm

Innalillaahi Wainnailaihi Roji’uun...
Amiiiin Amiiiin Amiiiin Amiiiin

Setelah kurang lebih setahun lamanya para keluarga korban Jatuhnya Pesawat ADAM AIR bisa melupakan kejadian tersebut, kini hati para keluarga korban dan rakyat indonesia kembali gundah setelah digegerkan dengan beredarnya isi Black Box Pesawat ADAM AIR yang hilang tsb.

Sebenarnya kalo untuk Luar negeri, jika ada orang yang dengan sengaja Mempublikasikan isi Black Box termasuk melanggar Undang2 dan akan mendapatkan sngsi yang sudah ditentukan. Jika di Indonesia maslah hukum tersebut aja belum dibuat, pasti akan lebih banyak lagi pelanggaran2 yang dilakukan melalui dunia maya seperti internet, dll.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ciriajasa.com
Sponsored content





Tragedi Adam Air di januari 2007 Empty
PostSubyek: Re: Tragedi Adam Air di januari 2007   Tragedi Adam Air di januari 2007 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
Tragedi Adam Air di januari 2007
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tragedi Banjir
» Overview filem ne...
» Kotak Hitam Adam Air
» Kirimkan tgl lahirmu, kulihat kepribadiannmu
» Majalah Kiddo #104 - Januari 2014

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FKOGK :: ALL ABOUT GUNUNGKIDUL :: Berita Hangat Gunung Kidul-
Navigasi: